Perhelatan HPS Ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Gelaran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat

Festival Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 di gelar di Lapangan Atletik Sport Center Indramayu, Rabu-Jumat (02-04/10). HPS ke-39 termasuk kedalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-492, sehingga acara yang digelar semakin meriah.

HPS ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat dibuka langsung oleh Taufik Hidayat, selaku Wakil Bupati Indramayu. Taufik menegaskan, Ketersediaan pangan di Kabupaten Indramayu, sampai saat ini masih didominasi oleh tiga komoditas unggulan yakni padi, mangga, dan ikan laut yang keberadaannya cukup melimpah serta dapat memberikan kontribusi serta memasok stok pangan Jawa Barat bahkan nasional.

“Perwujudan ketahanan pangan, terlebih lagi kedaulatan pangan dalam satu wilayah tidak akan bisa tercapai apabila masyarakat dan pemerintahnya tidak saling mendukung dan bekerjasama serta memiliki inovasi yang terus berkembang seiiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknolgi, gaya hidup, selera, serta persepsi masyarakat,” tambah Taufik.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan daerah penghasil bahan baku pangan, harus mampu menjalin dan membangun kerjasama dengan daerah pengolah pangan. Hal ini agar nilai suatu produk pangan bisa benilai lebih tinggi yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejehteraan masyarakat.

Pada peringatan HPS ke-39 tersebut, peserta yang hadir dan mengikuti partisipasi stand berasal dari Dinas Ketahanan Pangan dari 27 kab/kota se-Jawa Barat. Beberapa kegiatan dilaksanakan seperti pameran indoor dan outdoor, anugerah pangan, makan sehat dan icip-icip pangan lokal Indramayu, lomba cipta menu pangan lokal non beras non terigu, lomba stand terbaik, lomba penyajian mangga gedong gincu termanis, terenak dan tereksotis, lomba beras segar PUPM terbaik, live music performance,  lomba karaoke antar 27 kab/kota se-Jawa Barat, presentasi / demo produk / teknologi, bazar dan kuliner, serta tidak kalah menariknya yaitu, pemecahan rekor MURI Tulisan dari Rangkaian Dodol Mangga Terpanjang di dunia. (ryan/admin DKP)

Facebook Comments