DKP Melaksanakan Festival Pangan lokal

Lomba Cipta Menu (LCM) Festival Pangan Lokal Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indramayu telah selesai dilaksanakan, Rabu (17/07). Acara tersebut bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu.

Laporan Panitia Penyelenggara oleh Riswo, selaku Kepala Bidang Keamanan dan Konsumsi Pangan pada DKP Kabupaten Indramayu. Kemudian, acara dilanjut sambutan oleh Erpin marpinda, selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu.

Erpin menegaskan, dengan adanya lomba cipta menu festival pangan lokal dapat mendorong penerapan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman salah satunya melalui olahan pangan lokal seperti, singkong, jagung, sukun, ganyong dan talas serta kegiatan lomba cipta menu dapat dilaksanakan setiap tahunnya.

“Buah semangka dibawa sepeda gowes, Tim PKK yess”. (pantun penutup dari Erpin)

Kegiatan tersebut adalah bagian dari tugas DKP Kabupaten Indramayu melalui Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan dalam memfasilitasi Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan untuk membuat menu makanan yang terbuat dari olahan pangan lokal serta memiliki nilai beragam, bergizi, seimbang dan Aman (B2SA). Lomba cipta menu diikuti oleh Tim Penggerak PKK pada 6 (enam) eks kawedanan Kabupaten Indramayu. Makanan yang disajikan nantinya akan dinilai oleh tim juri dari Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Ahli Tata Boga dari SMK Negeri 2 Indramayu, Tim PKK Kabupaten Indramayu serta Tim Internal DKP Kabupaten Indramayu.

Pada lomba tersebut Eks Kawedanan yang keluar sebagai pemenang adalah sebagai berikut :
1. Juara I, Eks Kawedanan Kandanghaur mendapatkan uang  pembinaan Rp.3.000.000,00
2. Juara II, Eks Kawedanan Jatibarang mendapatkan uang pembinaan Rp.2.000.000,00
3. Juara III, Eks Kawedanan Haurgeulis mendapatkan uang  pembinaan Rp.1.000.000,00
4. Juara Harapan I, Eks Kawedanan Indramayu mendapatkan uang  pembinaan Rp.750.000,00
5. Juara Harapan II, Eks Kawedanan Karangampel mendapatkan uang  pembinaan Rp.750.000,00
6. Juara Harapan III, Eks Kawedanan Losarang mendapatkan uang  pembinaan Rp.750.000,00

“Dengan adanya lomba cipta menu Tingkat Kabupaten Indramayu diharapkan anggota PKK dapat menularkannya kepada lapisan masyarakat tingkat kecamatan dalam hal memenuhi keanekaragaman pangan yang kita konsumsi tidak hanya melulu baso, burger, pizza dan sosis”. Ujar Riswo.

Rustinah, selaku Kepala Seksi Penganekaragaman Pangan menambahkan, bahwa lomba cipta menu dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial, sehingga hal ini bisa menjadi bisnis bagi masyarakat yang mau berinovasi. (Ryan/Admin DKP)

Facebook Comments