Investigasi Daerah Rawan Pangan Berdasarkan Analisis SKPG

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Indramayu melalui Seksi Kerawanan Pangan melaksanakan Kegiatan Investigasi Daerah Rawan Pangan di dua Puskesmas Kabupaten Indramayu, Rabu (10/07). Kegiatan investigasi tersebut dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Balongan dan Puskesmas Kecamatan Sliyeg. Investigasi tersebut berdasarkan hasil Analisis Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG) Bulanan Kabupaten Indramayu.

Analisis SKPG adalah suatu alat analisis untuk mendeteksi dini kecamatan yang mengalami kondisi rentan pangan dilihat dari ketiga aspek yang sifatnya dapat berubah-ubah setiap bulan. Aspek Analisis SKPG tersebut meliputi : Aspek Ketersediaan Pangan, Aspek Akses Pangan dan Aspek Pemanfataan Pangan.

Kegiatan investigasi daerah rawan pangan Kabupaten Indramayu dilihat berdasarkan Aspek Pemanfaatan Pangan dimana aspek tersebut meliputi kondisi gizi balita, sehingga fokus pemberian bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu adalah kepada kondisi ibu hamil agar dapat melahirkan balita yang sehat dan terhindar dari kondisi stunting.

Menurut Imam Mahdi, selaku Kepala Seksi Kerawanan Pangan,  pada DKP Kabupaten Indramayu, untuk tahun ini bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu formula untuk ibu hamil akan diberikan kepada Puskesmas Kecamatan Balongan dan Puskesmas Kecamatan Sliyeg. (Ryan Noordiansyah/Admin DKP)

 

 

Facebook Comments