Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018

Dalam rangka penguatan dan pengkoordinasian Dewan Ketahanan Pangan se Kabupaten Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi (DKPP) Jawa Barat melaksanakan kegiatan Rapat Pleno Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Papandayan, Jalan Gatot Subroto No. 83 Bandung. (17/12).

Peserta rapat pada kegiatan tersebut adalah para Ketua DKP Kabupaten/Kota atau yang mewakilinya se Jawa Barat (27 Kabupaten/Kota), para Pengurus dan Anggota DKP Provinsi Jawa Barat, dan Staf Ahli DKPP Provinsi Jawa Barat, dan Tokoh Masyarakat Jawa Barat.

Laporan Penyelenggaraan Sidang Pleno/Rapat Pleno DKP Tingkat Provinsi Jawa Barat disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, dr. Ir. Dewi Sartika, M.Si. kemudian dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kami.

berikut langkah/rencana dan program Gubernur Jawa Barat dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pangan adalah :

  1. Meningkatkan stok pangan domestik/lokal dengan meningkatkan produksi pangan unggulan di masing-masing daerah.
  2. Membuat kampung/desa digital/Online untuk menjawab bagaimana produk petani bisa dibeli langsung oleh konsumen melalui perdagangan online (Bukapalak) yang dapat memotong mata rantai tataniaga produk pangan. “Khusus Kabupaten Indramayu sudah ada di Desa Losarang yang kemarin saya luncurkan.” Ujar Ridwan Kamil.
  3. Tidak boleh ada lagi yang menganggur, solusinya adalah dengan lari ke teknologi.
  4. Untuk lahan-lahan kering, akan digunakan teknologi irigasi yang hemat penggunaan air.
  5. Untuk itu agar Kabupaten/Kota menyiapkan data stok dan pasokan pangan, baik yang bersumber dari domestik maupun dari impor (daerah lain), yang akan digunakan untuk bahan pengambilan kebijakan/keputusan di bidang pangan.

Penyampaian materi rapat pleno DKP, oleh narasumber sebagi berikut :

  1. Isu Strategis tentang Pembangunan Ketahanan Pangan dan Pertanian di Jawa Barat (Nono Rusono, Perencana Ahli Utama, Bappenas)
  2. Memulai Langkah Ketahanan Pangan Karbohidrat Memasuki Era Langkanya Energi Fosil, Langkah Jawa barat? (Ketahanan Pangan Jangka 100 tahun Indonesia Merdeka 2045) (Prof. Ir. Yazid Bandar, M.Sc., Ph.D, IPM, Ahli Teknik Pangan, Fakultas Teknik Industri ITB)
  3. Peranan Dewan Ketahanan Pangan dalam Pembangunan Ketahanan Pangan (Dr. Ir. H. Agung Hendriadi, Kepala BKP Kementan disampaikan oleh Dr. Ir. Rachmi Widiriyani, M.P., Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan BKP Kementan)

Kemudian acara dilanjut pada sesi tanya jawab, pembacaan hasil rapat pleno dan penutupan. (Ryan Noordiansyah/DKP Kabupaten Indramayu)

Facebook Comments