Posted on

Kabupaten Indramayu berhasil meraih 3 gelar Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Jawa Barat pada acara puncak Hari Pangan Sedunia ke-XXXVII. Acara tersebut dilaksanakan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Kamis (09/11/2017).

Adapun kategori penghargaan yang diraih Kabupaten Indramayu antara lain:

  1. Juara I, Kategori Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan;
  2. Juara I, Kategori Pembina Ketahanan Pangan Atas Nama Kuwu Majasari Kecamatan Sliyeg, H. Wartono, S.Pd., M.Si.;
  3. Juara I, Kategori Pelopor Ketahanan Pangan Atas Nama Abdul Latif selaku Ketua Kelompok Tani Manggrove Desa Pabean Udik Kecamatan Indramayu.

Pada acara tersebut penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan. Ahmad Bahtir menjelaskan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada daerah di bidang pangan saat ini dijalankan oleh SKPD tersendiri yakni Dinas Ketahanan Pangan. Bahkan di Kabupaten Indramayu sesuai dengan Perbup Nomor 6.4/2017 telah dibentuk organisasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu yang beranggotakan lintas SKPD dan organisasi.

Indikator Ketahanan Pangan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai perseorangan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat untuk daoat hidup sehat, aktif dan produktif secara berkelanjutan. (Ryan Noordiansyah)

 

 

Facebook Comments Box