Posted on

DISKOMINFO INDRAMAYU – Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2021 di Kabupaten Indramayu diperingati dengan kegiatan yang sangat luar biasa. Para pekerja/buruh menerima bantuan paket sembako dari Pemkab Indramayu dan ahli waris penerima klaim asuransi BPJS Ketenagakerjaan berupa beasiswa pendidikan.

Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu tersebut dihadiri oleh Forkopimda, BPJS Ketenagakerjaan, BJB, Apindo, dan perwakilan dari serikat buruh serta para ahli waris.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina melalui Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda II), Maman Kostaman seperti yang dirilis Diskominfo Indramayu menjelaskan, saat ini sangat penting untuk terus memproteksi para pekerja baik yang ada di sektor formal maupun non formal untuk dicover dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, banyak manfaat yang didapatkan ketika para pekerja telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan baik untuk melindungi dirinya maupun keluarganya dalam melakukan pekerjaannya.

Maman menambahkan, peringatan May Day merupakan sarana untuk mengingatkan semua pihak akan pentingnya komitmen membangun hubungan industrial yang bermartabat dalam rangka mewujudkan sinergitas dan harmonisasi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah (Tri Partit) sekaligus sebagai momentum untuk mengurai permasalahan dan probelematika ketenagakerjaan yang dihadapi selama ini.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon, Mulyana mengatakan, dari jumlah pekerja baik di sektor formal dan non formal yang baru tercover di BPJS Ketenagakerjaan hanya baru 60 persen. Menurutnya masih banyak sektor pekerja informal yang belum terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, untuk itu pihaknya bersama dengan Pemerintah Daerah dan lainnya terus melakukan sosialisasi pentingnya BPJS Ketenagakerjaan.

“Saat ini kami sudah menyalurkan klaim beasiswa bagi 21 orang yang merupakan ahli waris peserta BPJS. Har ini simbolis diserahkab kepada 4 orang,” kata Mulyana.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih mengatakan, acara pokok dalam peringatan May Day tahun ini yaitu penyerahan bantuan paket sembako bagi pekerja sebanyak 220 paket melalui 22 serikat pekerja masing-masing sebanyak 10 paket dan penyerahan bea siswa bagi 4 orang anak dari ahli waris pekerja.

Ke-4 orang yang menerima beasiswa yakni Yasmin Salsabila Solihin tingkat Perguruan Tinggi, Aji Surana tingkat SMA, Arintika Eka Pramety tingkat SMP, dan Hisyam Bahagia Solihin tingkat SD. (Aa Deni/Dedy-Diskominfo Indramayu)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan