Posted on

Dalam rangka meningkatkan Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Keamanan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dan Keamanan Pangan yang bertempat di Balai Desa Cempeh Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. (17/04/2018),

Acara tersebut di buka oleh Tati Rahmawati, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan. Acara tersebut merupakan langkah lanjut dari kegiatan workshop menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Pangan Lokal. Peserta acara dihadiri oleh kader PKK desa dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bougenvil.

Tati menjelaskan bahwa dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan ttg pemanfaatan lahan pekarangan, budidaya tanaman sayur dan buah serta tanaman obat, memelihara ternak dan ikan, mengolah limbah menjadi kompos, mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga, mengembangkan sumber benih / bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan pelestarian tanaman pangan lokal untuk masa depan.

Selanjutnya, acara dilanjutkan tentang sosialisasi keamanan pangan oleh Ikhsanudin, selaku Kepala Seksi Keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu.

Tidak hanya itu, Tati juga menambahkan tentang kondisi dan upaya-upaya yg diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis kimia dan benda lain (borax, formalin, pestisida) yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. (Ryan Noordiansyah)

Facebook Comments Box